Thanks For your Donation

Terimakasih atas donasi anda

give more to me

Monday 28 May 2018

DASAR PLC : MEMBUAT PROGRAM PLC MENGGUNAKAN PETA KARNAUGHT (K-MAPS)

a. Peta Karnaugh

Peta Karnaugh adalah penjelasan tentang fungsi tabel kebenaran Bool dalam bentuk gambar. Salah satu tujuan dari peta Karnaugh untuk menyederhanakan fungsi Bool, sampai lima variabel. fungsi Boolean dengan lebih dari lima variabel akan sulit untuk disederhanakan menggunakan metode ini.

Peta Karnaugh berisi beberapa kotak, setiap kotak persegi adalah merupakan segmen dari persamaan Boolean. Jumlah kotak tergantung pada jumlah variabel. Peta Karnaugh untuk dua variabel, akan berisi empat squares. untuk 3 variabel terdiri dari 8 kotak, 4 variabel terdiri dari 16 kotak, dan untuk 5 variabel terdiri dari 32 kotak.

image

Gambar 2.5 K-Maps

Sumber: Linksukses.com

Pada dasarnya sistem K-Maps akan memetakan lokasi yang berdekatan kemudian mencari nilai yang muncul paling banyak. Cara penyederhanaan K-Maps tergolong mudah karena tidak melakukan proses perhitungan rumit seperti pada aljabar boole. Kita cukup memasukkan tabel kebenarannya. Kemudian melihat pemetaan K-Maps. Sebagai contoh penyederhanaan persamaan pada tabel kebenaran sebelumnya yaitu Y= A’.B.C’.D + A.B’.C.D’ + A.B.C’.D + A.B.C.D’ jika disederhanakan maka akan menjadi.

image

Gambar 2.6 Pemetaan K-Maps

Sebenarnya cukup memblok angka 1 yang berdekatan dan lihat kembali pemetaan pada gambar 2.5, cek lokasi bagian yang terkena blok. Setiap blok terkadang akan mewakili beberapa lokasi sekaligus. Jika anda sulit untuk melihat di K-Maps, maka cukup mencari nilai yang banyak muncul pada persamaan yang sudah diblok, Y=A’BC’D + ABC’D (note: jumlah blok harus genap, tidak boleh ganjil) pada persamaan ini kita melihat nilai B, C’ dan D adalah nilai yang muncul terbanyak (2X) sedangkan A dan A’ muncul satu kali oleh karena itu persamaan sederhananya menjadi BC’D. jika hasil penyederhanaan pada K-Maps ini dibuat ladder diagram, maka ladder diagramnya akan sama seperti pada penyederhanaan secara Boolean.

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih anda telah berkomentar di halaman ini, kami akan mempertimbangkan komentar anda untuk kemajuan blog ini.

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html