Thanks For your Donation

Terimakasih atas donasi anda

give more to me

Sunday 20 May 2018

DASAR-DASAR PLC: MENGENAL APLIKASI CX-PROGRAMMER PADA CX-ONE

1. Perangkat Lunak CX-One

Software CX-ONE merupakan gabungan beberapa software yang digunakan untuk melakukan pemrograman, simulasi, designer, dan berbagai tools tambahan yang telah disediakan untuk menangani PLC OMRON, software ini lebih lengkap dari pada versi software sebelumnya yaitu SYSWIN yang juga produk dari OMRON.

Software yang digunakan untuk melakukan pemrograman PLC OMRON CP1E NA20DR-A adalah CX-Programmer, sedangkan untuk membuat desain HMI ( Human Machine Interface) CX-ONE menyediakan CX-Designer yang khusus digunakan untuk mendesain HMI.

a. CX-Programmer

Program CX-Programmer digunakan untuk memprogram PLC OMRON CP1E-NA20DR-A menggunakan bahasa ladder (tangga), CX-programmer sendiri merupakan paket program pada CX-ONE. meskipun CX-Programmer mendukung bahasa text terstruktur, namun fitur ini tidak bisa digunakan pada PLC OMRON CP1E-NA20DR-A karena belum mendukung untuk versi PLC tersebut.

Komponen pada pemrograman CX-Programmer terdiri 4 bagian utama yaitu:

1. Contact, merupakan komponen pemrograman yang memiliki watak seperti saklar, contact inilah yang kemudian diatur sedemikian rupa agar menghasil program yang diinginkan, contact terdiri dari 2 bagian yaitu normally open (saklar terbuka) dan normally close (skalar tertutup).

image

Gambar 1.5 Contact pada PLC

Sumber: OMRON, CX-Programmer Introduction Guide.

2. Coil, merupakan komponen pemrograman yang bersifat sebagai output terdiri dari 2 bagian yaitu normally open coil (koil terbuka) dan normally closed coil ( koil tertutup)

image

Gambar 1.6 Contact pada PLC

Sumber: OMRON, CX-Programmer Introduction Guide.

3. Instruction, merupakan bagian penting pada pemrograman PLC karena instruction berisi intruksi-instruksi dasar yang sudah disiapkan oleh CX-Programmer, instruction terdiri dari berbagai macam intruksi seperti MOV, SFT, TIM, dan lainnya.

image

Gambar 1.7 Contoh Instruction pada PLC

Sumber: OMRON, CX-Programmer Introduction Guide.

4. Function Block, merupakan fitur pada CX-Programmer yang tidak tersedia untuk semua PLC, namun hanya PLC dengan CPU yang mendukung saja yang bisa menggunakan fitur ini, Function Block sebenarnya merupakan sebuah instruksi, namun instruksi dibuat sesuai kebutuhan programmernya dengan memanfaatkan bahasa text.

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih anda telah berkomentar di halaman ini, kami akan mempertimbangkan komentar anda untuk kemajuan blog ini.

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html