Thanks For your Donation

Terimakasih atas donasi anda

give more to me

Monday 28 May 2018

PLC DASAR–MEMBUAT PROGRAM PLC DENGAN STATE DIAGRAM

 

1. State Diagram

Diagram keadaan (State Diagram) adalah diagram yang menggabarkan proses operasi yang terjadi pada suatu sistem. Diagram ini melibatkan keadaan dan transisi dari satu keadaan ke keadaan lainnya. Berikut ini adalah contoh diagram keadaan untuk menghidupkan dan mematikan lampu dengan tombol start dan stop.

image

Gambar 3.1 Diagram State ON/OFF Lampu

Pada state diagram perlu adanya T0 sebagai pemicu agar sistem berada pada salah satu kondisi, pada PLC OMRON bisa menggunakan alamat P_FirstCycle yaitu alamat yang hanya sekali di eksekusi pada saat pertama kali komputer dinyalakan. T0 akan menyebabkan sistem berada pada lampu OFF, kemudian jika T1/PB On maka lampu akan menyala dan ketika Transisi T2 terjadi maka lampu akan kembali OFF. Berikut ini adalah perhitungan untuk merubah State diagram ke ladder PLC.

Persamaan pada setiap Transisi:

T0= P_First_Cycle

T1= STA.PB_ON

T2= STB.PB_OFF

Persamaan pada setiap State (Keadaan):

STA= (STA.T0.T2).T1’

STB= (STB.T1).T2’

Persamaan output.saat ON:

Out= STB

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih anda telah berkomentar di halaman ini, kami akan mempertimbangkan komentar anda untuk kemajuan blog ini.

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html