Thanks For your Donation

Terimakasih atas donasi anda

give more to me

Tuesday 29 May 2018

PLC DASAR: MENGENAL TABEL MNEMONIC, INSTRUKSI SEQUENCE CONTROL, DAN DATA MOVEMENT

1. Tabel Mnemonic

Tabel Mnemonic merupakan tabel yang menunjukkan I/O dan juga instruksi-instruksi yang sedang dijalankan oleh PLC, Mnemonic juga menunjukkan urutan proses yang akan dikerjakan oleh PLC. Pada CX-programmer (CXP) tabel Mnemonic dari suatu program yang sudah dibuat dapat ditampilkan dengan memilih menu View -> Mnemonic, tidak hanya menampilkan, pada CXP kita juga dapat melakukan pemrograman dengan menggunakan tabel Mnemonic ini. Berikut ini adalah cara konversi dari ladder ke Mnemonic.

image

2. Instruksi Sequence Control

Instruksi Sequence Control digunakan pada PLC untuk berbagai keperluan, inti dari sequence control adalah memanipulasi urutan-urutan proses pada PLC, seperti interlock, JMP, NOP dan lain-lainya. Penggunaan instruksi sequence control dapat dilakukan dengan menambahkan pada simbol instruksi. Berikut ini adalah gambar yang menunjukkan fungsi pada sequence control.

Tabel 3.1 Instruksi Sequence Control

image

Sumber: OMRON. (2009). CP1E CPU Unit Software User’s

3. Instruksi Data Movement

Instruksi data movement adalah instruksi yang digunakan untuk melakukan pemindahan data dari satu alamat ke alamat lainnya. Instruksi data movement dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

Tabel 3.2 Instruksi Sequence Control

image

Sumber: OMRON. (2009). CP1E CPU Unit Software User’s

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih anda telah berkomentar di halaman ini, kami akan mempertimbangkan komentar anda untuk kemajuan blog ini.

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html