Thanks For your Donation

Terimakasih atas donasi anda

give more to me

Thursday 13 October 2016

PROGRAM SAKLAR TUKAR PADA PLC SIMULASI DENGAN ZELIOSOFT



Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang cara membuat program saklar tukar / saklar hotel pada plc, namun sebelumnya saya akan menggambar konsep kerja pada saklar tukar/ saklar hotel berikut ini adalah cara kerja saklar tukar/ saklar hotel.
                Saklar tukar/saklar hotel sering diletakkan pada lorong-lorong ataupun pada lampu penerang tangga tujuannya adalah agar lampu tersebut dapat dikendalikan dari dua arah yang berbeda, Misalnya jika ditangga, ketika kita hendak naik, kita dapat menghidupkan lampu melalui saklar bawah dan ketika sudah naik kita bisa mematikannya melalui saklar atas begitu juga sebaliknya.
                Saklar tukar dapat diprogram dengan plc dengan beberapa logika, logika yang paling sering digunakan adalah logika xor ataupun xnor, berikut tabel kebenaran xor .

A
B
lampu
0
0
0
0
1
1
 1
0
1
1
1
0


Sehingga diperoleh persamaan lampu yang hidup yaitu:
0 = dianggap not
1 = LD
A’. B = lampu
A . B’ = lampu
Jadi persamaan lampu on adalah, lampu = (A’ . B) + (A . B’)
Jadi program ladder dari rangkaian lampu saklar adalah sebagai berikut:


untuk menghidupkan saklar pada program tersebut maka, saklar harus dalam kondisi yang berbeda
sedangkan jika Saklar tukar di diprogram dengan  xnor, berikut adalah ulasannya pada tabel kebenaran xnor



A
B
lampu
0
0
1
0
1
0
 1
0
0
1
1
1

Sehingga diperoleh persamaan lampu yang hidup yaitu:
0 = dianggap not
1 = LD
A'. B' = lampu
A . B = lampu
Jadi persamaan lampu on adalah, lampu = (A' . B') + (A . B)
Jadi program ladder dari rangkaian lampu saklar adalah sebagai berikut :


 Program saklar tukar / saklar hotel diatas hanya akan hidup jika kondisi kedua saklar dalam kondisi yang sama on semua, atau off semua. sekian tutorial saya mengenai plc terimakasih sudah mampir kesini.

"pelanggaran hak cipta adalah kejahatan, ketika membagikan konten ini tanpa mencantum url nya maka setiap yang anda bagikan hanya akan menuai  dosa"

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih anda telah berkomentar di halaman ini, kami akan mempertimbangkan komentar anda untuk kemajuan blog ini.

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html