Thanks For your Donation

Terimakasih atas donasi anda

give more to me

Saturday 15 October 2016

MAKALAH KESELAMATAN DAN ETIKA DALAM BIDANG NANOTEKNOLOGI



KESELAMATAN DAN ETIKA DALAM BIDANG NANOTEKNOLOGI

Nanoteknologi  merupakan ilmu dan rekayasa dalam penciptaan material,pada dimensi 1 sd 100 nm, dimana ilmu ini dapat digunakan untuk pengaplikasian teknologi baru, dalam bidang keteknikan nanoteknologi diterapkan dalam banyak hal mikrochip, komputer, satelit, sensor sehingga dari segi ukuran bisa lebih kecil namun juga lebih kuat dari ukuran makronya (Asmatulu, Zhang, & Asmatulu, 2013).
Nanoteknologi juga memiliki dampak buruk bagi kehidupan terutama jika teknologi ini digunanan untuk kejahatan, potensi risiko dan manfaat dalam penerapan Nanomaterials juga membawa dampak sosial, ekonomi, kesehatan, moral, dan implikasi manusia terkait nanoteknologi terus maju. Berikut ini adalah beberapa isu etika dalam nanoteknologi.
Ø  Masalah kesehatan, ukuran yang lebih kecil dari sel disinyalir mudah diserap oleh tubuh sehingga hal ini menimbul toksin dalam tubuh.
Ø  Masalah lingkungan, limbah nanoteknologi menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan terutama dalam bidang rekayasa DNA, yang bisa menyebabkan adanya mutan baru yang tidak diinginkan.
Ø  Biologi, Nanoteknologi dalam perombakan DNA dapat melahirkan mahluk hidup baru yang lebih kuat dari predatornya, sehingga akan merusak rantai biologis dialam bebas.
Dari sebagian kecil masalah yang diuraikan diatas tentunya nanoteknologi perlu perhatian khusus dalam hal penerapannya, perlu ada aturan dan etika resmi yang mengatur nanoteknologi sehingga, hal ini dapat melindungi mahluk hidup lainnya dari dampak buruk nanoteknologi yang terus berkembang pesat.

Referensi

B. Rogers, S. Pennathur, J. Adams. (2008). Nanotechnology:Understanding Small Systems. CRS Press.
Asmatulu, R., Zhang, B., & Asmatulu, E. (2013). Chapter 3 - Safety and Ethics of Nanotechnology. Nanotechnology Safety, 31–41. http://doi.org/10.1016/B978-0-444-59438-9.00003-5




0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih anda telah berkomentar di halaman ini, kami akan mempertimbangkan komentar anda untuk kemajuan blog ini.

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html