Thanks For your Donation

Terimakasih atas donasi anda

give more to me

Friday 6 May 2016

Prosedur Kerja Praktek di PT.Pertamina Geothermal Energy area kamojang

     Kali ini saya akan berbagipengalaman saya, saat mendapat tugas kerja praktek di PT, Pertamina Geothermal Energy area Kamojang, untuk syarat kerja praktek dan tugas akhir Pertamina silahkan baca ulasan tentang " SYARAT KERJA PRAKTEK DAN TUGAS AKHIR DI PERTAMINA" pertama mungkin saya bercerita tentang prosedur pengajuan kp disana, sebenarnya tidak begitu sulit hanya saja sedikit ribet menurut saya, ya mungkin tempat lain juga sama ribetnya, dan berikut ini akan saya paparkan prosedurnya berdasarkan versi yang saya alami pada  02 Mei 2016, dan setidaknya saya perlu menunggu hingga dua bulan hingga proposalnya dibalas.
gambar 1. surat penerimaan Kp


    Proposal saya sendiri kami kirim pada tanggal 20 Februari 2016, banyak cerita dibalik kisah perjalanan kami selama sebulan disana. yuk.... kita lihat langsung trik dan prosedur KP disana yang harus kamu siapkan.

1. cek fisik & keadaan TKP, ini mungkin hal yang sering diabaikan mahasiswa saat KP. perlu teman2 ketahui kawasan PGE berada diatas ketinggian pebukitan dan berikut ini adalah yang harus anda perhatikan:
  • Suhu: berada diatas puncak menyebab suhu di PGE kamojang sangat dingin sekitar 15-20 oC, bahkan saat siang sekalipun anda butuh selimut tebal ketika ingin tidur. belum lagi air mandi yang dinginnya hingga menusuk tulang. untuk catatan aja, setidaknya beberapa teman saya sempat ngedrop fisiknya saat kp karena terbiasa suhu luar yang rata2 berada pada 27oC. apalagi saya yang berasal dari riau yang suhu lingkungannya diatas 33oC, untung saja saya lebih suka dingin.  
  • track perjalanan yang tergolong rumit karena menanjak dan berkelok tajam, tapi ini bukan masalah jika anda menaiki angkutan umum, Oooh ya..., ketika menuju tkp anda akan dihandapi transit hingga lebih dari dua kali, jadi sering-sering bertanya dan jangan dibayangkan angkutan umum disana itu bus atau pesawat untuk gambaran aja lihat dibawah ini. kendaraan ini perlu kita naiki mulai dari 15-30 menit. dan mobil baru berjalan kalau udah sesek. tambahan lagi, mobil ini hanya beroperasi hingga pukul 15:30 lewat dari itu naik ojek dengan biaya 15-50 ribu.
Gambar 2. Kendaraan Umum warga di PGE Kamojang (sumber:kgcmtb.wordpress.com)
  • Kebutuhan Hidup, Lumayan mahal untuk mahasiswa apalagi kalau tidak pandai menawar, saya beruntung dapat rumah dengan harga 400rb ( berdua jadi 200rb) dengan kapasitas besar bisa muat hingga 10 orang, dengan full fasilitas kasur, lemari, bantal dan selimut yang sangat banyak sekali (teman saya yang dari unsri dikenakan biaya perorang 500k). untuk makan pagi nasi kuning 5000-7000, makan siang dan malam dengan menu lauk ikan mulai dari 10-15 rb. dibeberapa tempat bisa dua kali lipatnya.
  • Fasilitas Hidup, bawa uang tunai karena ATM disana jauh sekali perlu turun dan naik mobil seperti gambar diatas selama 20 menit seharga 7-8 ribu untuk sekali jalan. tempat fotocopy, minimarket, pasar, RS juga jauh. jadi waspadai saja jika membutuhkan tempat2 ini. namun disana ada warung dan juga bidan kok untuk sekedar bisa menangani fasilitas anda. cuci pakaian juga jadi masalah karena keringnya butuh waktu 2-3 hari, klw mau cepet laundry aja.
  • Tunjangan hidup, PGE kamojang tidak memberikan fasilitas apapun kepada calon kp, baik itu uang, transportasi, makan dsb. ( jadi modal cuuy....). tapi minum ada, internet kurang tau bisa dipakai umum atau tidaknya tidak tau, fotocopy bisa digunakan untuk keperluan surat menyurat aja. fasilitas olah raga ada beberapa walaupun sebagian juga sudah tertutup oleh bangunan.
  • lokasi PGE kamojang, terpisah dibeberapa tempat namun bisa diakses jalan kaki hingga 15 menit, kalau mau nebeng sama mobil pribadi karyawan kadang ada yang berbaik hati mau nganterin kamu.
  • Kostum, gunakan kostum tebal karena suhu dingin, baju panjang, celana panjang, pokoknya semuanya panjang. tapi kalau anda suka tantangan lebih baik gak usah pake baju kayak gue....
2. Mental kuat, hal ini sering jadi penghalang bagi mahasiswa, jangan berpikiran PGE itu sulit ditembus, hanya sekolah negeri aja karena kebanyakan mahasiswa berpkiran begitu saat kami kp ternyata sangat sepi sekali. jadi yakin aja, anak smk aja banyak yang berani kp disana masa kalian gak berani sih. ngomong2 asal sekolah saya juga swasta lho... jadi yang swasta jangan minder ya (asal universitas saya UAD, orang bilang univ angkatan darat, ada juga yang bilang universitas pak ahmad dahlan (UNPAD), tapi sebenarnya itu Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta kok, oh... ya lupa lagi, jurusannya elektro ya). kalau udah sampai disana hati2 aja guys, tempatnya sangat private banget. jadi urus IDnya biar bisa lancar. karena nanti mencari HRD sama Pembimbing itu cari sendiri gak ditentuin oleh pihak tertentu, belum lagi nanti kadang2 dikerjain sama supervisornya kalau udah jadi pembimbing.( bukan nakut-nakuti lho, cuma waspada aja dan kuatin mental).

3. Duit banyak atau banyak duit, sesuai pemaparan diatas maka keperluan anda setidaknya mencakup hal berikut versi standar untuk satu bulan:
 Kontrakan                                       : 400rb
listrik                                               :    55rb
makan   (3x10x30rb)                       :  900rb
Minum                                             :    50rb
transportasi (10x7rb)                       :    70rb
biaya lain                                         :    25rb
-------------------------------------------------------- +
                                                           1.5jt

belum termasuk ongkir anda kesana lho, biasanya biaya sering membengkak dibagian makan dan minum karena suhu dingin bikin cepet laper saya aja kadang kalau makan bisa hingga 4-5x (versi kuli)  itu masih ditambah dengan cemilan. suhu dingin juga membuat kita butuh kehangatan (jangan berpikir macem2 dulu guys), seperti kopi, teh, atau air hangat. kalau rebus pake listrik, listriknya yang bengkak, kalau pake api perlu tambahan lagi, makanya lebih praktis beli. lagian kalau ngerbus sendiri lalu dimasukin termos juga hanya bertahan beberapa jam aja. kalau kehangatan lainnya jauh lebih mahal jadi jangan dicoba guys.....



baru sampai sini tangan udah keriting guys.... jadi untuk syarat kpnya sendiri baca dibagian sini guys.....

download proposal kerja praktek di pge disini




dibuat pada 5 mei 2016, 7:02
di rumah oomnya bayu kurniawan teman kp
saat liburan kamis-minggu setelah 3 hari masuk kp
cileunyi-bandung

21 comments:

  1. Ka mau tanya, nunggu pengumuman diterima brp lama ka? Soalnya aku udh ngirim dr september, smp skrg blm ada pengumuman ka

    ReplyDelete
  2. Ka mau tanya, nunggu pengumuman diterima brp lama ka? Soalnya aku udh ngirim dr september, smp skrg blm ada pengumuman ka

    ReplyDelete
  3. biasanya dalam 1 bulanan kita sudah dikirimi email tertentu dari pertamina, misalnya email untuk melengkapi data tema/judul kp. yang kemudian akan diarahkan ke tempat kp yang anda tuju. tapi klau belum dibalas2 mungkin bisa menghubunginya, mungkin proposal anda tiidak masuk atau ada masalah tertentu.

    ReplyDelete
  4. Salam kenal, Alef, mahasiswa Teknik Geofisika ITB angkatan 2014.

    boleh minta alamat e-mail nya Ade? saya ingin bertanya-tanya seputar KP di PGE.

    Terima Kasih

    ReplyDelete
  5. Kalau mau KP di kamojang gmna? Harus datang dlu ke lokasi atau menghubungi HRDnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada beberapa cara sih, waktu KP ada teman saya yang langsung daftar ke kantor KMJ, tapi harus melewati security sistemnya yang butuh waktu yang cukup lama, bahkan sampe satu harian. klw saya langsung kepertamina pusat melalui pos,saya ajukan untuk kp ke kamojang, kemudian sebulan kemudian dibalas, dari pusat untuk melengkapi persyaratan dan di kirim ke KM via email, habis langsung kp pada waktu yang telah kita ajukan.

      Delete
  6. Mas. Mau tanya saya juga dari fakultas elektro dan ingin mencoba kp disana, kalau boleh tau masnya disana diajari tentang apa aja ya? Untuk gambaran saya saja, dan apakah masnya kp disana untuk melengkapi skripsi masnya?

    ReplyDelete
  7. kalau disana sebenarnya banyak yang akan diajari, tergantung tingkat keaktifan kita disana, karena kita bebas keluyuran mempelajari apa aja yang ada dikawasan pltp pertamina, selama tidak diarea berbahaya, baik dari sumur, control room, sistem konversi energinya, kelistrikan, amdal, dan semua2nya lah rata-rata tidak dilarang untuk dipelajari. mungkin karena dia perusahan negara kalin ya, makanya dia mengasi keluasan untuk mahasiswa, gak cuma kp aja, hampir tiap minggu disana ada kunjungan industri dari berbagai universitas dan sekolah.

    kalau say awaktu kp disana, saya baru dikasi judul waktu tinggal kurang dari seminggu yaitu tentang KKS identification system for power plant, waktu awal awal disana saya disuruh belajar tentang proses yang ada di pltp, mulai dari uap sampai control, jadi hampir tiap hari kami ganti2 tempat terus disana, gak perlu ada yang ditakutin karena belajar bebas, bisa belajar sama semua orang yang ada dsna, kedatangan juga gak harus pagi terus, selama saya dsna saya selalu berangkat telat terus jam 9 kadang jam 10 habis itu jam 12 atau jam 13 pulang, kecuali kalau lagi pengen jalan2 aja pulangnya sore.

    saya milih PLTP kamojang gak ada hubungan dengan skripsi, karena saya disana hanya KP aja,

    ReplyDelete
  8. Mas mau tanya,, apakah safety disediakan oleh perusahaan atau bawa sndiri sendiri?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk safety di PT Pertamina geothermal sudah disediakan... Tinggal pinjam tulis nama selesai.. bisa jalan2 keseluruhan area

      Delete
  9. Assalamualaikum kak
    Maaf Revisi kk
    Saya Khaerul Anwar jurusan fisika (Uin Semarang)… rencana bulan Agustus saya mau KP disitu.. bagaimana prosedur ndaftar KP di tempat tsb n
    Bolehkah saya minta proposal kp buat referensi saya kk…. Mohon izin kirim lewat email : akhaerul789@gmail.com
    Terimakasih kk..

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Assalamualaikum kak

    Saya Khaerul Anwar jurusan fisika (Uin Semarang)… rencana bulan Agustus saya mau KP disitu.. bagaimana prosedur ndaftar KP di tempat tsb n
    Bolehkah saya minta proposal kp buat referensi saya kk…. Mohon izin kirim lewat emai : akhaerul789@gmail.com
    Terimakasih kk..

    ReplyDelete
  12. Assalamualaikum kak

    Saya Khaerul Anwar jurusan fisika (Uin Semarang)… rencana bulan Agustus saya mau KP disitu.. bagaimana prosedur ndaftar KP di tempat tsb n
    Bolehkah saya minta proposal kp buat referensi saya kk…. Mohon izin kirim lewat emai : akhaerul789@gmail.com
    Terimakasih kk..

    ReplyDelete
  13. Bang ade junaedi minta tolong panduan pengajuan proposal secara lebih jelasnya yaaa

    Email saya cssetyawan@gmail.com terimakasih bang junaedi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengajuan proposal dapat dilakukan di pusat ataupun cabang. Kelebihan dan kekurangannya yaitu:

      PUSAT
      Kelebihan:
      * Proposal dapat dikirim via pos
      Kekurangan:
      *Proses lama, 2 minggu-2bulan untuk informasi keterima

      CABANG:
      *Informasi ketersedian dapat di tanyakan langsung
      *Proses lebih cepat
      Kekurangan:
      *Harus datang langsung ke kantor cabang.

      Prosedur lamaran kerja praktek/Ta
      * Menyerahkan proposal dan perlengkapan pendukung lainnya ke kantor pusat / cabang.
      * Menunggu pemberitahuan melalui email, kemudian mengisi data baru Pertamina.
      *Menunggu SK penerimaan.
      *Mengurus akses masuk perusahaan dan safety induction pada hari pertama penerimaan.

      Delete
    2. Cek juga http://www.stc-sharing.com/2016/05/syarat-kerja-praktek-atau-tugas-akhir.html?m=1

      Delete
  14. izin bertanya kak, untuk konsentrasi remote sensing apakah ada di PGE?

    ReplyDelete

Terimakasih anda telah berkomentar di halaman ini, kami akan mempertimbangkan komentar anda untuk kemajuan blog ini.

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html