Thanks For your Donation

Terimakasih atas donasi anda

give more to me

Saturday 5 November 2016

KLASIFIKASI ROBOT MENURUT RIA, JIRA, DAN AFR

KLASIFIKASI ROBOT MENURUT RIA, JIRA, DAN AFR

    Robot saat ini mengalami perkembangan yang begitu pesat dari tahun-ketahun, perkembangannya juga meluas dari segala bidang mulai dari sebagai mainan biasa, hingga robot yang bisa menggantikan pekerjaan manusia. Menurut Robotics Institute of America (RIA) robot adalah manipulator multifungsi yang dapat diprogram ulang dan dibuat untuk tujuan pemindahan material, komponen, peralatan atau merupakan alat tertentu yang dikhususkan untuk dapat bergerak sesuai program yang diberikan agar dapat melakuakan tugas tertentu.


     Dunia robotica yang terus berkembang membuat beberapa mendirika sebuah asosiasi dibidang robotika yang membahas segala yang berhubungan dengan robotika, salah satunya yaitu tentang klasifikasi robot. Beberapa asosiasi dunia telah melakukan Klasifikasi robot atau pengelompokan robot yaitu diantaranya Robotic Institute of America (RIA), Japanese Industrial Robotic Association (JIRA) dan the Association Francaise de Robotique (AFR). berikut ini adalah pengklasifikasian robot menurut ketiga asosiasi tersebut.

The Japanese Industrial Robot Association(JIRA) membagi robot menjadi enam kelas kelas sebagai berikut :
1.Manual : peralatan handling yang dilakukan oleh operator
2.Fixed Sequence Robot, robot tetap mempunyai kendali dan sifat yang tetap
3.Variable Sequence Robot dengan mudah melakukan perubahan urutannya.
4.Playback Robot, yang dapat merekam gerakan yang diinputkan untuk kemudian diulang kembali. 5.Numerical Control Robot dengan gerakan yang dapat diprogram untuk melakukan kerjaan manual. 6.Intelligent Robot , robot cerdas yang dapat memahami lingkungan dan mampu melakukan tugas rumit dengan perubahan kondisi pengoperasian. 


Robot menurut AFR (The Association Francaise de Robotique) terbagi kedalam 4 kelas yaitu:
•Type A:Handling Devices with Manual Control to Telerobotics, merupakan penangan peralatan dengan kendali manual untuk jenis robot kendali jarak jauh.
•Type B:Automatic Handling Devices with Predetermined Cycle, merupakan penanganan peralatan secara otomatis, dimana pengendalian sudah diatur, sehingga robot akan bekerja secara berulang-ulang.
•Type C:Programmable,servo controlled robot with continous or point-to-point trajectories , bersifat programmable, mudah diprogram ulang dengan pengendalian lanjut ataupun point ke point.
•Type D:Same as type C with Capability to acquire information from the environmet , sama seperti type C namun memiliki kemampuan untuk melihat informasi dari lingkungan sekitar.

The Robotics Institute of America (RIA) membagi robot menjadi empat kelas  sebagai berikut :
A) Perangkat handling yang dikontrol secara manual
B) Perangkat handling yang dikontrol secara otomatis pada putaran tertentu
C) Sebuah alat yang terprogram dengan kontrol servo secara kontinyu ataupun point-to-point
D) Seperti pada kelas C dengan kemampuan tambahan dapat membaca informasi dari sekitarnya untuk melakukan gerakan yang lebih cerdas

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih anda telah berkomentar di halaman ini, kami akan mempertimbangkan komentar anda untuk kemajuan blog ini.

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html